Jumat, 25 November 2011

perbedaan pernafasan internal dan eksternal


ANATOMI DAN FISIOLOGI
TUGAS 2
  1. Terjadinya makanan masuk kerongga hidung disebabkan oleh gangguan kerja epiklotis, yang sebetulnya epiklotis menutup pada waktu menelan makanan, karena adanya makanan yang masuk kedalam saluran nafas (tersedak) dengan adanya sistem reflex makanan yang akan memasuki saluran pernafasan maka terjadi reflek batuk yang kuat dan menolak makanan agar tidak jadi masuk kesaluran pernafasan. Akibatnya makanan akan terlontar ke paring bahkan kerongga hidung.
  2. Perbedaan pernafasan eksternal dan pernafasan internal
a.       Pernafasan eksternal  adalah udara pernafasan masuk ke paru-paru melalui lubang hidung, dari lubang hidung udara akan masuk kesaluran pernafasan menuju paru-paru sampai di alfioli. Dan di alfioli terjadilah pertukaran gas O2 dan CO2. CO2 dilepaskkan dari pembuluh darah kapiler menuju alfioli dan O2 kelur dari alfioli menuju pembuluh darah kapiler yaitu PCO2 = 40 mm Hg dan PO2 = 104 mm Hg jadi pernafasn eksternal adalah pernafasan yang terjadi pada alat pernafasan.
b.      Pernafasan internal adalah udara pernafasan keluar dari paru-paru melalui lubang hidung. Yaitu pada sel-sel yang aktif,  PO2  turun  ± 40 mm Hg dan PCO2 naik ± 45 mm Hg. Akibat adanya pernafasan sel, CO2 bergerak masuk pembuluh kapiler darah dan O2 bergerak menuju sel-sel yang aktif, jadi pernafasan internal adalah pernafasan yang terjadi pada tubuh yang aktif.
  1. Sel darah putih apabila diamati dengan mikroskop cahaya akan tampak seperti kecebong yang memiliki ekor dengan jumlah yang sangat banyak ada yang aktif (dapat bergerak ) ada yang pasif (tidak dapat bergerak)
  2. Desakan darah adalah sistol pentrikulus kiri mendorong darah kedalam aorta, sebagian mendesak dinding aorta, karena dinding aorta bersifat kenyal maka aorta mengembang. Pada waktu diastole berikutnya dinding aorta yang kenyal ini mendesak darah, sehingga sebagian darah terdesak ke falfula seminolaris sehingga katup menutup, dan sebagian darah terdesak kedalam bagian aorta lainnya.
  3. Perbedaan antara aglutinasi SDM dengan koagulasi darah
a.       Aglutinasi SDM adalah terjadinya reaksi anti gen atau  aglutinogen dengan anti bodi atau aglutinin plasma darah lain.
b.      Koagulasi darah adalah proses penggumpalan darah setelah terjadinya luka yang mengenai pembuluh darah.

1 komentar:

  1. contoh metabolisme intraseluler dan ekstraseluler apa ya? tolong jawab ya hihi :-)

    BalasHapus