Jumat, 25 November 2011

anatomi dan fisiologi


ANATOMI DAN FISOLOGI
TUGAS 3
  1. Klasifikasi alat indera (sensasi) berdasarkan rangsangan yang diterima oleh alat indera adalah : mata (merespon cahaya), telinga (merespon bunyi), lidah (merespon rasa), hidung (merespon bau), kulit (merespon  benda kasar/halus).
  2. Penuaan di pandang dari sudut seluler adalah bertambahnya banyak sel. Dan penuaan dari sudut molekuler adalah bannyaknya molekul-molekul. Dan dampak fisiologis adalah mengerut atau mengeriputnya serta melemahnya organ-organ tubuh.
  3. Manusia melihat kilat karena kilat merupakan tampakan dari benturan magnet yang membentuk percikan api dan tidak menimbulkan bunyi, sedangkan petir adalah benturan atau bertemunya magnet alam yang dapat  menimbulkan bunyi yang dapat d dengar oleh indera pendengaran.
  4. Tahapan-tahapan proses bayi tabung
Berikut 10 tahapan dalam proses pembuatan bayi tabung:
a)      Seleksi pasien. Apakah Anda dan suami layak mengikuti program bayi tabung. Bila layak, baru bisa masuk dan mengikuti program bayi tabung.
b)      Stimulasi atau merangsang indung telur untuk memastikan banyaknya sel telur. Secara alami, sel telur hanya satu. namun untuk bayi tabung, perlu lebih dari sati sel telur untuk memperoleh embrio.
c)      Pemantauan pertumbuhan folikel (cairan berisi sel telur di indung telur) melalui ultrasonografi. Tujuannya, melihat apakah sel telur sudah cukup metang untuk ‘dipanen.’
d)     Mematangkan sel telur dengan menyuntikkan obat agar siap ‘dipanen.’
e)      Pengambilan sel telur, kemudian diproses di laboraturium.
f)       Pengambilan sperma suami (pada hari yang sama). Jika tidak ada masalah, pengambilan dilakukan lewat masturbasi. Jika bersamalah, pengambilan sprema langsung dari buah zakar melalu operasi.
g)      Pembuahan atau (fertilisasi) di dalam media kultur di laboraturium. hasilnya embrio.
h)      Transfer embrio kembali ke dalam rahim agar terjadi kehamilan, setelah embrio terbentuk.
i)        Penunjang fase luteal untuk mempertahankan dinding rahim. Dokter emberi obat untuk mempertahankan dinding rahim ibu agar terjadi kehamilan.
j)        Terakhir, proses simpan beku embrio. Jika ada embrio lebih, bisa disimpan untuk kehamilan selanjutnya.   
  1.  
  2. Bagian otak yang bertanggung jawab atas kehidupan perasaan adalah sistem limbus. Hipotalamus adalah bagian dari sistem limbus, sebagai pusat kenikmatan. Jika narkoba masuk ke dalam tubuh, dengan cara ditelan, dihirup, atau disuntikkan, maka narkoba mengubah susunan biokimiawi neurotransmitter pada sistem limbus. Karena ada asupan narkoba dari luar, produksi dalam tubuh terhenti atau terganggu, sehingga ia akan selalu membutuhkan narkoba dari luar.
  3. Macam-macam Hormon dan fungsinya
1)      Somatrophic hormone (STH) : Mengendalikan pertumbuhan tubuh
2)      Tirotropihic Hormone (TH) : Mengendalikan kegiatan kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon tiroksin.
3)      Adrenocorticotrohic hormone : Mengendalikan kegiatan nkelenjar adrenal dalam menghasilkan hormon glukokor tikoid.
4)      Melanocyte stimulating hormone (MSH): Mensintesis melanin
5)      Folicle stimulating hormone (FSH) : Mengatur perkembangan ovarium berpengaruh terhadap pemasakan folikel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar