Jumat, 25 November 2011

facebook

ASAL MULA FACEBOOK
 
 
 
Diajukan Untuk memenuhi Tugas Semester II
 
TEKHNOLOGI PENDIDIKAN
 
 
Fakultas Tarbiyah Semester 2b
 
Dosen Pengampu:
 
Saifurrohman, S.Ag, M.Pd
 
 
 


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Disusun Oleh:
Nama      : Miftakhul Ulum
 NIM       : 229081
 
 
 
 
 
 
 
 

INSTITUT ISLAM NAHDLATUL ULAMA’
INISNU JEPARA
 
Jl. Taman Siswa No. 9 (Pekeng Tahunan Jepara)
 

 

Awal Mula Facebook

Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College . Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston ( Boston College , Boston University , MIT, Tufts), Rochester , Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.

Facebook memang merupakan salah satu fenomena menarik dari dunia maya. Setelah orang-orang asyik berkutat dengan jejaring sosial seperti Friendster, kini mereka pun mulai beralih kepada jejaring sosial yang baru yaitu Facebook. Ibarat kacang goreng, jejaring sosial yang diluncurkan pada tanggal 4 Februari 2004 ini, semakin hari semakin laris jumlah pengaksesannya. Menurut Alfacebook.com, di Indonesia jumlah orang yang terdaftar dlam akun Facebook tercatat ada lebih dari 1,5 juta orang. Tak heran, jika Indonesia menjadi negara Asia Tenggara dengan tingkat pertumbuhan Facebook yang tercepat. Bahkan , Indonesia pun tercatat dalam 10 besar negara pengguna jejaring sosial, yang mulai dibuka untuk umum mulai tahun 2006 ini. Anda mungkin masih ingat dengan sebuah kisah nyata mengenai seorang mahasiswa yang drop out dari bangku kuliahnya dan kini menjadi orang terkaya (secara materi) di dunia? Ya, sosok itu bernama Bill Gates, sang pendiri Microsoft. Terilhami oleh kisah sukses Bill Gates, seorang Mahasiswa bernama Mark Elliot Zuckenberg (14 mei 1984) sepertinya akan mengikuti langkah Bill Gates.
Sama seperti seniornya, ia juga drop out dari Universitas Harvard. Kisah Zuckenberg berawal ketika ia iseng –iseng mulai membuat Facebook di kamar asrama bersama 2 rekan sekamarnya Dustin Moskovitz dan Chris Hughes dibantu rekan kuliahnya, Andrew McCollum. Akhirnya,siapa yang menyangka bermula dari iseng-iseng membuat Facebook dari kalangan terbatas, kini Zuckenberg menjadi seorang miliarder muda. Sebenarnya apakah yang membuat Facebook begitu mewabah? Wabah di sini bukan bararti seperti wwabah flu babi yang sekarang sedang marak diperbincangkan. Wabah di sini ibarat sebuah ajang tren yang kini sedang bergelora di mana-mana. Berbeda dengan jejaring sosial lainnya, Facebook memang menawarkan hampir semua fitur dalam satu wadah. Ya, Anda dapat menggunakan Facebook untuk menjalin pertemanan, bergabung ke grup atau komunitas sosial, chatting, bermain online game, mengirim surat elektronik, serta meng-upload foto dan video. Selain itu, salah satu kelebihan lain dari Facebook adalah memiliki program library API (Application Programming Interface ). Program ini memungkinkan siapa saja untuk membuat aplikasi mini atau widget yang nantinya dapat dipasang atau digunakan di Facebook itu sendiri. Library API ini memungkinkan semua orang untuk berkreasi. Hal ini secara tidak langsung tentu saja membuat Facebook semakin populer. Belajar dari pendahulunya, Facebook memang memiliki aplikasi lebih beragam dibandingkan friendster. Apalagi Facebook pun memiliki aplikasi yang digemari komunitas internet seperti chatting. Jadi, dapat dikatakan bahwa Facebook merupakan sebuah kombinasi yang menarik antara aplikasi Friendster dengan aplikasi chatting seperti yang biasa Anda lakukan melalui Yahoo Messenger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar