Jumat, 25 November 2011

IMPLEMENTASI


IMPLEMENTASI ATAU PELAKSANAAN

Pengertian: implementasi adalah proses untuk memastikan  terlaksananya suatu kebijakan dan tercapainya kebijakan tersebut.
Proses #1: Memantau kegiatan harian dalam pelaksanaan kebijakan. Apakah semua rencana kebijakan dilaksanakan? Apakah staff pelaksana sudah dilatih untuk melakukan tugasnya?
Proses #2: Penilaian kegiatan dan kepuasan klien dengan layanan yang diberikan. Apa yang telah dilakukan / diberikan, kepada siapa / kelompok mana? Adakah cara yang lebih baik supaya pelaksanaan tugas lebih efisien?

KEBERHASILAN IMPLEMENTASI
1.      Program dirancang dengan landasan yang jelas, dengan kelompok sasaran, perubahan perilaku, dan tujuan yang jelas.
2.      Pendukung kebijakan memuat arahan dan struktur organisasi yang tepat sehingga memaksimalkan proses pelaksanaan.
3.      Pemimpin lembaga punya keterampilan manajerial dan politik yang memadai.
4.      .Program didukung oleh kelompok konstituen yang terorganisasi dengan dukungan legislatif yang kuat.
5.      .Prioritas kebijakan tidak diganggu oleh konflik diantara perumus kebijakan dan perubahan kondisi sosial-ekonomi.

MODEL IMPLEMENTASI KEBIJAKAN

1.      Kebijakan yang diinginkan (idealized policy); pola interaksi yang dikehendaki dan apa yang hendak diubah oleh suatu kebijakan.
2.      Kelompok sasaran (target group); sekelompok masyarakat yg hendak dipengaruhi dan diubah.
3.      Organisasi pelaksana (implementing organisation); sebuah satuan birokrasi pemerintah yang bertanggungjawab atas kebijakan tertentu.
4.      Faktor lingkungan (environmental factors); unsur-unsur lingkungan kebijakan yang mempengaruhi pelaksanaan kebijakan.

Model Implementasi Kebijakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar