BAB
V
PENUTUP
A.
SIMPULAN
Berdasarkan
hasil analisis data yang telah dilaksanakan melalui beberapa tindakan, yaitu
dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa dengan pnenerapan
metode demonstrasi dengan menggunakan media bola warna dapat meningkatkan
kemampuan anak dalam berhitung permulaan di KB. Pelita Hati Guyangan Bangsri
Jepara. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penilaian observasi pada siklus I
dan siklus II.
Berdasarkan
hasil rekapitulasi Observasi pada siklus I pertemuan ke 1, ke 2, dan ke 3 dapat
disimpulkan bahwa anak yang dapat melaksanakan berhitung permulaan adalah
sebagai berikut : Berdasarkan hasil rekapitulasi Observasi pada siklus I
pertemuan ke 1, ke 2, dan ke 3 dapat disimpulkan bahwa anak yang dapat
melaksanakan berhitung permulaan adalah sebagai berikut : Anak yang mendapat
bintang empat yaitu berkembang sangat baik (BSB) 3 anak (15%). Anak yang
mendapat bintang tiga yaitu Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 9 anak (45%). Anak
yang mendapat bintang dua yaitu Mulai Berkembang (MB) 40 anak (40%). Berdasarkan rata-rata
dari keseluruah kemampuan anak pada siklus I yaitu 53,6 %. Sedangkan pada
siklus II Anak yang mendapat bintang empat yaitu berkembang sangat baik (BSB)
16 anak (80%). Anak yang mendapat bintang tiga yaitu Berkembang Sesuai Harapan
(BSH) 2 anak (10%). Anak yang mendapat bintang dua yaitu Mulai Berkembang (MB) 2 anak (10%). Berdasarkan rata-rata dari
keseluruhan kemampuan anak pada siklus II yaitu 64,9 %.
Berdasarkan
data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung permulaan 1-10 anak
sudah mencapai ketuntasan yaitu 75%. Adapun hasil dari refleksi pada siklus II
ini adalah pelaksanaan tindakan dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan
kemampaun berhitung anak pada KB. Pelita Hati Guyangan sebanyak 80%.
B.
SARAN
Berdasarkan
hasil penelitian dapat dilihat dari pembahasan yang telah dilakukan, maka
peneliti menyarankan sebagai berikut :
1. Bagi Guru
a. Sebaiknya dalam melaksanakan
pembelajaran guru menggunakan media yang tepat sehingga dapat membantu
meningkatkan kemampuan anak.
b. Sebagai guru harus mampu mengevaluasi
dan merefleksi terhadap kegiatan pembelajaran sehingga dapat dilakukan
perbaikan kualitas pembelajaran
2. Bagi Sekolah
Sekolah
hendaknya menyediakan alat ataupun media pembelajaran yang representatif
sehingga dalam pembelajaran terkesan menarik dan tidak membosankan bagi anak
didik
3. Bagi Oranag Tua
Orang
tua hendaknya memperhatikan alat atau media yang digunakan anak saat
dilingkungannya. Sebaiknya memberikan media permainan yang edukatif sehingga
menambah keterampilan dan kecerdasan anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar