Kamis, 28 Mei 2020

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak MelaluiPermainan Bola Warna

ABSTRAK
Anik Kusrin NPM. 1426 PG 0151. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak MelaluiPermainan Bola Warna Pada Kelompok A KB. Pelita HAti Guyangan Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Jepara. Fakultas Pendidikan. IKIP Veteran Semarang. 2019. 69 halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan berhitung anak pada KB. Pelita Hati Guyangan Bangsri Jepara. (2) peningkatan kemampuan berhitung anak menggunakan media bola warna pada kelompok A KB. Pelita Hati Guyangan Bangsri Jepara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 20 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Teknik penelitian ini adalah observasi berupa check list dengan penilain BSB, BSH, MB, BB.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakn dalam dua siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1) perencanaan yaitu mereumuskan masalah, menentukan tujuan, metode penelitia dan rencana tindakan, 2) tindakan yaitu sebagai upaya perubahan yang dilakukan, 3) observasi dilakukan secara sistematis untuk mengatasi hasil atau dampak tindakan terhadap proses belajar mengajar, 4) refleksi yaitu megkaji dan mempertimbangkan hasil atau daftar dari tindakan yang dilakukan. Pada siklus I Berdasarkan hasil rekapitulasi Observasi pada siklus I pertemuan ke 1, ke 2, dan ke 3 dapat disimpulkan bahwa anak yang dapat melaksanakan berhitung permulaan adalah sebagai berikut : Anak yang mendapat bintang empat yaitu berkembang sangat baik (BSB) 3 anak (15%). Anak yang mendapat bintang tiga yaitu Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 9 anak (45%). Anak yang mendapat bintang dua yaitu Mulai Berkembang  (MB) 8 anak (40%). Berdasarkan rata-rata dari keseluruah kemampuan anak pada siklus I yaitu 53,6 %. Pada siklus II Anak yang mendapat bintang empat yaitu berkembang sangat baik (BSB) 16 anak (80%). Anak yang mendapat bintang tiga yaitu Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 2 anak (10%). Anak yang mendapat bintang dua yaitu Mulai Berkembang  (MB) 2 anak (10%). Berdasarkan rata-rata dari keseluruhan kemampuan anak pada siklus II yaitu 75%. Dari hasil siklus I dan siklus II terjadi keberhasilan Pembelajaran yang sinifikan dengan hasil akhir yaitu 80% anak mencapai indicator keberhasilan.

Kata Kunci: Kemampuan Berhitung, Bola Warna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar