Kamis, 28 Mei 2020

skripsi kemampuan berhitung anak bab V


BAB V
PENUTUP

A.    SIMPULAN
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilaksanakan melalui beberapa tindakan, yaitu dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa dengan pnenerapan metode demonstrasi dengan menggunakan media bola warna dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berhitung permulaan di KB. Pelita Hati Guyangan Bangsri Jepara. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penilaian observasi pada siklus I dan siklus II.
Berdasarkan hasil rekapitulasi Observasi pada siklus I pertemuan ke 1, ke 2, dan ke 3 dapat disimpulkan bahwa anak yang dapat melaksanakan berhitung permulaan adalah sebagai berikut : Berdasarkan hasil rekapitulasi Observasi pada siklus I pertemuan ke 1, ke 2, dan ke 3 dapat disimpulkan bahwa anak yang dapat melaksanakan berhitung permulaan adalah sebagai berikut : Anak yang mendapat bintang empat yaitu berkembang sangat baik (BSB) 3 anak (15%). Anak yang mendapat bintang tiga yaitu Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 9 anak (45%). Anak yang mendapat bintang dua yaitu Mulai Berkembang  (MB) 40 anak (40%). Berdasarkan rata-rata dari keseluruah kemampuan anak pada siklus I yaitu 53,6 %. Sedangkan pada siklus II Anak yang mendapat bintang empat yaitu berkembang sangat baik (BSB) 16 anak (80%). Anak yang mendapat bintang tiga yaitu Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 2 anak (10%). Anak yang mendapat bintang dua yaitu Mulai Berkembang  (MB) 2 anak (10%). Berdasarkan rata-rata dari keseluruhan kemampuan anak pada siklus II yaitu 64,9 %.
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung permulaan 1-10 anak sudah mencapai ketuntasan yaitu 75%. Adapun hasil dari refleksi pada siklus II ini adalah pelaksanaan tindakan dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampaun berhitung anak pada KB. Pelita Hati Guyangan sebanyak 80%.
B.     SARAN
Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat dari pembahasan yang telah dilakukan, maka peneliti menyarankan sebagai berikut :
1.      Bagi Guru
a.       Sebaiknya dalam melaksanakan pembelajaran guru menggunakan media yang tepat sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan anak.
b.      Sebagai guru harus mampu mengevaluasi dan merefleksi terhadap kegiatan pembelajaran sehingga dapat dilakukan perbaikan kualitas pembelajaran
2.      Bagi Sekolah
Sekolah hendaknya menyediakan alat ataupun media pembelajaran yang representatif sehingga dalam pembelajaran terkesan menarik dan tidak membosankan bagi anak didik


3.      Bagi Oranag Tua
Orang tua hendaknya memperhatikan alat atau media yang digunakan anak saat dilingkungannya. Sebaiknya memberikan media permainan yang edukatif sehingga menambah keterampilan dan kecerdasan anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar